RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN (
RPP ) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Mata Pelajaran : Tematik ( Bahasa Indonesia, Seni
Budaya Keterampilan, dan PKn )
Kelas : II / 1
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
Standar
Kompetensi:
Bahasa Indonesia
Ø Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
IPA
Ø Mengenal
bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
PKn
Ø Membiasakan
hidup bergotong royong
Kompetensi Dasar:
Bahasa
Indonesia
Ø
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
Ø
Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
IPA
Ø Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
PKn
Ø Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
Indikator:
Ø Menyusun
kalimat menjadi cerita.
Ø
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø Mengidentifikasi
lingkungan alam
Ø Menceritakan
lingkungan alam sekitar.
I.
Tujuan:
Ø Siswa
dapat membaca teks bacaan yang berjudul “Berkebun”
Ø Siswa
dapat menceritakan kembali isi teks bacaan “Berkebun” dengan lisan
Ø Siswa
dapat mendemonstrasikan kegiatan berkebun di lingkungan sekolah
Ø Siswa
dapat mengidentifikasi benda-benda yang diperlukan dalam berkebun
Ø Siswa
dapat menyebutkan nama-nama tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
Ø Karakter
siswa yang diharapkan
Ø Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu,
Ø Bersahabat,Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
II.
Materi Ajar (Materi Pokok)
Ø Teks
bacaan tiga paragraf yang berjudul “Berkebun”
Ø Rangkuman
tata cara berkebun
Ø Hidup gotong royong.
Ø Menulis pengalaman
III. Metoda Pembelajaran :
Ø Ceramah
Ø Diskusi.
Ø Tanya jawab.
Ø Demontrasi.
Ø Pemberian tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
Ø Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
Ø Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis
dan membaca
Ø Mengumpulkan
tugas / PR
B.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Melalui penjelasan guru
siswa dapat terpacu untuk menjawab pertanyaan
Ø Elaborasi
ü membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
ü memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
ü memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Ø Konfirmasi
ü Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang berkebun
ü Guru
bersama siswa membuat catatan dengan kalimat yang benar tentang tata cara
berkebun antar kelompok
C. Kegiatan akhir
Ø Mengerjakan
lima nomor soal yang berhubungan dengan tata cara berkebun
Ø Memberikan
PR secara individu sebanyak lima nomor yang berhubungan dengan tata cara
berkebun
Pertemuan
2
A.
Kegiatan Awal
Apresepsi/ Motivasi :
Ø Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
Ø Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis
dan membaca
Ø Mengumpulkan
tugas / PR
B. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
ü Guru
memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengevaluasi materi sebelumnya
ü Guru
menunjukkan media pembelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Ø Elaborasi
ü Guru
memberikan materi pelajaran tentang peran lingkungan
ü Guru
mengajak siswa untuk mengenal lingkungan secara langsung
ü Guru
memberikan tugas mengidentifikasi lingkungan secara kelompok
ü Guru
memberikan tugas untuk membuat sebuah paragraf tentang lingkungan yang telah
diamati secara individu
ü Guru
memerintahkan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
tentang lingkungan yang telah diamati.
Ø Konfirmasi
ü Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang lingkungan
ü Guru
memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran tentang lingkungan
C. Kegiatan Akhir
Ø Mengerjakan
lima nomor soal yang berhubungan dengan lingkungan
Ø Memberikan
PR secara individu sebanyak lima nomor yang berhubungan dengan lingkungan
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku
Sumber
ü Buku
BSE Bahasa Indonesia Kelas 2
ü Buku
BSE IPA Kelas 2
ü Buku
BSE PKn Kelas 2
Alat
Peraga
ü Teks
bacaan
ü Papan
tulis
ü Susunan
kalimat
ü Gambar
tanaman
ü Alat
Berkebun
ü LCD
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
· Disiplin,
· Kerja
keras
· Kreatif,
· Demokratif
· Rasa
Ingin tahu,
· Bersahabat,
· Gemar
membaca,
· Peduli lingkungan,
· Peduli sosial,
·
Tanggung jawab.
|
1.
Bahasa Indonesia
Ø Menyusun
kalimat menjadi cerita
Ø
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø
Menceritakan lingkungan alam
sekitar.
2.
IPA :
Ø Mengidentifikasi
lingkungan alam
3.
PKn
Ø Menceritakan
lingkungan alam sekitar.
|
Tes lisan Tes
tertulis
|
uraian
isian
|
1.
Bahasa Indonesia
Ø Buatlah
cerita tentang lingkungan sekolah
Ø Ceritakanlah
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri
2.
IPA
:
Ø Jelaskanlah
lingkungan alam
3.
PKn
Ø Ceritakanlah
lingkunganalam sekitar.
|
Lembar
Kerja Siswa
Kelompok
: .................
Nama Anggota Kelompok:
1. .......................
2. .......................
3. ........................
4. .......................
Tulis 5 macam nama tanaman yang
telah kamu amati !
No
|
Nama
Tanaman
|
1
2
3
4
5
|
Buatlah cerita tentang lingkungan
yang telah kamu amati!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kriteria Penilaian
A.
Hasil
Diskusi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
B.
Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
C.
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Hasil Diskusi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar