Minggu, 27 Mei 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK

Tema                           : Lingkungan
Mata Pelajaran            : Tematik ( Bahasa Indonesia, Seni Budaya Keterampilan, dan PKn )
Kelas                           : II / 1
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
 


Standar Kompetensi:
Bahasa Indonesia
Ø  Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
IPA
Ø  Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
PKn
Ø  Membiasakan hidup bergotong royong

Kompetensi Dasar:
Bahasa Indonesia
Ø  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
Ø  Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
IPA
Ø  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
PKn
Ø  Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.

Indikator:
Ø  Menyusun kalimat menjadi cerita.
Ø  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø  Mengidentifikasi lingkungan alam
Ø  Menceritakan lingkungan alam sekitar.

I. Tujuan:
Ø  Siswa dapat membaca teks bacaan yang berjudul “Berkebun”
Ø  Siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan “Berkebun” dengan lisan
Ø  Siswa dapat mendemonstrasikan kegiatan berkebun di lingkungan sekolah
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang diperlukan dalam berkebun
Ø  Siswa dapat menyebutkan nama-nama tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
Ø  Karakter siswa yang diharapkan
Ø  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu,
Ø  Bersahabat,Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab.

II. Materi Ajar (Materi Pokok)
Ø  Teks bacaan tiga paragraf yang berjudul “Berkebun”
Ø  Rangkuman tata cara berkebun
Ø  Hidup gotong royong.
Ø  Menulis pengalaman

III. Metoda Pembelajaran :
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi.
Ø  Tanya jawab.
Ø  Demontrasi.
Ø  Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan 1
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
Ø  Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Ø  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis dan membaca
Ø  Mengumpulkan tugas / PR

B. Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Melalui penjelasan guru siswa dapat terpacu untuk menjawab pertanyaan
Ø  Elaborasi
ü  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
ü  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
ü  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Ø  Konfirmasi            
ü Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang berkebun
ü  Guru bersama siswa membuat catatan dengan kalimat yang benar tentang tata cara berkebun antar kelompok

C. Kegiatan akhir
Ø  Mengerjakan lima nomor soal yang berhubungan dengan tata cara berkebun
Ø  Memberikan PR secara individu sebanyak lima nomor yang berhubungan dengan tata cara berkebun

Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal
Apresepsi/ Motivasi :
Ø  Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Ø  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis dan membaca
Ø  Mengumpulkan tugas / PR


B. Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
ü  Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengevaluasi materi sebelumnya
ü  Guru menunjukkan media pembelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

Ø  Elaborasi
ü  Guru memberikan materi pelajaran tentang peran lingkungan
ü  Guru mengajak siswa untuk mengenal lingkungan secara langsung
ü  Guru memberikan tugas mengidentifikasi lingkungan secara kelompok
ü  Guru memberikan tugas untuk membuat sebuah paragraf tentang lingkungan yang telah diamati secara individu
ü  Guru memerintahkan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang lingkungan yang telah diamati.

Ø  Konfirmasi
ü  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang lingkungan
ü  Guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran tentang lingkungan

C. Kegiatan Akhir
Ø  Mengerjakan lima nomor soal yang berhubungan dengan lingkungan
Ø  Memberikan PR secara individu sebanyak lima nomor yang berhubungan dengan lingkungan

V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber
ü  Buku BSE Bahasa Indonesia Kelas 2
ü  Buku BSE IPA Kelas 2
ü  Buku BSE PKn Kelas 2

Alat Peraga
ü  Teks bacaan
ü  Papan tulis
ü  Susunan kalimat
ü  Gambar tanaman
ü  Alat Berkebun
ü  LCD



VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Disiplin,
·   Kerja keras
·   Kreatif,
·   Demokratif
·   Rasa Ingin tahu,
·   Bersahabat,
·   Gemar membaca,
·   Peduli lingkungan,
·   Peduli sosial,
·   Tanggung jawab.
1. Bahasa Indonesia
Ø  Menyusun kalimat menjadi cerita
Ø  Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø  Menceritakan lingkungan alam sekitar.

2. IPA  :
Ø  Mengidentifikasi lingkungan alam
3. PKn
Ø  Menceritakan lingkungan alam sekitar.



Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
1. Bahasa Indonesia
Ø  Buatlah cerita tentang lingkungan sekolah
Ø  Ceritakanlah kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri

2.  IPA  :
Ø  Jelaskanlah lingkungan alam
3. PKn
Ø  Ceritakanlah lingkunganalam sekitar.









Lembar Kerja Siswa
Kelompok : .................
Nama Anggota Kelompok:
1.      .......................
2.      .......................
3.      ........................
4.      .......................

Tulis 5 macam nama tanaman yang telah kamu amati !
No
Nama Tanaman
1
2
3
4
5



Buatlah cerita tentang lingkungan yang telah kamu amati!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kriteria Penilaian
A.    Hasil Diskusi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

B.     Performasi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

C.    Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Hasil Diskusi
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.












CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar