Senin, 28 Mei 2012

Persamaan, perbedaan, dan peran Skimming dengan Scanning dalam Wacana internet


Perbedaan antara skimming dan scanning

Komponen
Skimming
Scanning




Pengertian









Skimming adalah suatu tehnik membaca dengan kecepatan tinggi untuk mencari hal-hal yang penting atau ide pokok dari suatu bacaan.




Scanning atau membaca memidai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Contoh









skimming untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah halaman buku teks sehingga dapat memutuskan apakah buku tersebut berguna dan perlu dibaca lebih pelan dan mendetail.

scanning untuk menemukan nomer tertentu di direktori telepon, kata di kamus, mencari entri pada indeks, mencari angka-angka statistik, mencari acara televisi, mencari daftar perjalanan





Cara


























1.      Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.
  1. Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut.
  2. Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph
  3. Jangan membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci atau keyword-nya
  4. Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut


1.      Perhatikan penggunaan urutan seperti ‘angka’, ‘huruf’, ‘langkah’, ‘pertama’, ‘kedua’, atau ‘selanjutnya’.
  1. Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
  2. Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraf








Tujuan

Untuk mengenali topik bacaan, untuk memilih bahan bacaan yang perlu sipelajari dan diingat, suatu ketrampilan membaca yang diatur secara sistematis, untuk mengambil intisari dari suatu hal, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.



Untuk mencari informasi yang memang ingin kita cari dengan melihat petunjuk yang sudah ada, untuk mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. Biasanya, ini dilakukan jika Anda telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda cari sehingga berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik.




Persamaan antara skimming dengan scanning:
-          Merupakan teknik membaca cepat
-          Digunakan untuk mencari informasi secara cepat
-          Pembaca fokus dengan informasi yang dicari dengan melewati atau membaca sekilas informasi yang kurang penting
-          Keduanya dilakukan ketika seseorang memilih buku bacaan yang sesuai dengan apa yang dicari.
-          Suatu teknik yang tidak terlalu banyak membuang-buang waktu mencari sesuatu yang dinginkan dari buku, khususnya tindakan yang tidak menunjang terhadap pencarian informasi tersebut.

Peranan teknik membaca scanning dalam upaya membaca wacana informatif di internet
Dalam mencari sebuah informasi di berbagai media salah satu diantaranya yaitu di sebuah situs internet, seseorang dapat dengan mudah mencari informasi tersebut dengannya sebab, di dalam internet terdapat sebuah aplikasi untuk menulusuri informasi yang sedang kita cari. Dengan kita menuliskan sebuah kata saja, lalu menelusurinya aplikasi tersebut dengan langsungnya menyediakan informasi yang berhubungan dengan kata yang telah kita tuliskan. Cara kerja aplikasi di dalam internet ini secara tidak langsung kita melakukan teknik membaca scanning yaitu suatu teknik membaca cepat dengan cara mencari informasi yang ingin kita cari secara langsung dengan menghiraukan informasi yang tidak berhubungan dengan informasi yang kita cari. Peranan teknik membaca scanning ini terlihat secara jelas yaitu untuk memudahkan pembaca mencari sebuah informasi yang memang diinginkan dengan cepat dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar