Jumat, 08 Maret 2013


JAMU TRADISIONAL




Belimbing
Belimbing sayur, belimbing wuluh, belimbing buluh, atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di IndonesiaFilipinaSri LankaMyanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuanjamu,daunnya dipercaya sebagai obat untuk kulit gatal dan menghilangkan bekas jerawat atau cacar. Penggunaannya dilakukan dengan cara menggosokkan ke kulit yang dikehendaki setiap selesai mandi

http://jamu.biologi.ub.ac.id/wrp-con/uploads/2012/01/belimbing.jpg

Mengkudu
 secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo

http://medicsehat.files.wordpress.com/2010/03/mg_0074.jpg

Daun dewa
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQOwwdBxZfIkpubsBPi84BdD0JSI3BhIbddzI0xhYPaokGNva3fxV1hY8ZMUw

banyak manfaat daun dewa untuk kesehatan, seperti mengobati kencing manis, diabetes, dan penyakit dalam yaitu dengan cara meminum air rebusan daun tersebut yang sudah dikeringkan. Daun dewa juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil, cara penggunaan yaitu potong2 daun dewa lalu tempel pada kutil anda,ikat dengan kain atau hansaplast. niscaya kutil anda akan hilang.

Kencur
 dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak.
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQHsxWPb7Xwv5o19Z8GR4adGwyYAAPKc23IfTMTWMVg40_CuPaAkj_C_4st
Mahkota dewa
manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinflamasi (antiradang), berfungsi sebagai anti-oksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan, berfungsi sebagai anti histamin (antialergi), bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh, sumber anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah.
http://tanamanobatku.files.wordpress.com/2011/02/mahkota-dewatanamanobatku.jpg

Jahe 
adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi

Di masyarakat barat, ginger ale merupakan produk yang digemari. Sementara Jepang dan Tiongkok sangat menyukai asinan jahe. Sirup jahe disenangi masyarakat Tiongkok, Eropa dan Jepang.
Di Indonesiasekotengbandrek, dan wedang jahe merupakan minuman yang digemari karena mampu memberikan rasa hangat di malam hari, terutama di daerah pegunungan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMyNhKCbzn5rvrqNVpdNmE5O8ALS5pAZl6r2oNU-SAF8hPW1gMYzAhL3t9O7mbq_9M-D7yZVkRTBZp-UbTrZKbYfVEzpnABkVazfiKmUKw7Qm-APdVgAcSjYc7KCGBCcT5JfTENWi4JdU/s1600/instan_jahe.jpg
Kombucha 
adalah jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Penyembuh berbagai macam penyakit ini semakin banyak digunakan di rumah tangga di pelbagai negara di Asia.kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, serta berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan caragerminasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat, sehingga akan hidup sepanjang umur pemilik serta keturunannya.
Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8-12 hari. kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno, yang merupakan hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha yang berasal dari Asia Timur, dan sampai di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lalu. Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah digunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia.
http://www.kombu.de/dreipilz.jpg
Lidah Buaya
 adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.
Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzimasam aminomineralvitaminpolisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
manfaat lidah buaya
Temu lawak
Kandungan utama rimpang temulawak adalah proteinkarbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamferglukosidaturmerol, dan kurkuminKurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).
Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.
Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkanminyak atsiri yang mengandung lineloolgeraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNDJk3cIj8DiVSbRvCl6G88K7ic_g6z2vuBVwzIM69pbhxC5FCUf6lEDp33XVfsepCQtJIOx3-SzadpnpqtDfkQG3ynZsiUnBuuqacp3xM1dwlZ-ZZIH5iEqYN_5TwY9RLwfB9X-pHdbbY/s1600/temu1%5B2%5D.jpg
Rosela 
adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara diJamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ5zEVRDMvZHjdrzMNJ5eSwrprJtvl2UKllQ541XDmnP-8TkkhyphenhyphenZNTknSoGa7g5h7w00YLl46PvPzMJY32lP1EUx-QczzDwVzSEccoYOobrdPzR2oppaG8uJ1Vw7FD3HeYG3e6TI3DH-qn/s1600/330135_0_Manfaat_Rosela.jpg
Daun sirih
mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segarPiper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap
http://www.klikdokter.com/userfiles/daun_sirih(1).jpg
Kunyit
 juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjH-RfGQCwRWWpDsMzdnJ7JFbbnDqAxpgo42gv9QbuPFGlqchBKh2vxpo_hlTBvcIxDr1P_SDZ76_P9o1RvbsIOgX_VkIx6cVIjYM4NkdJW_4mzBYa-AQoRnTPUR7sfTtgaDueK1QZ0ACQ/s1600/Khasiat+Kunyit.jpg
Cengkih
 mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "chōji" berarti cengkih; "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7Re9rBrrVSQUTJFSedg3usK-FznAyMC4f_inIgoC439dQu01yMf-2kCqwd3Nazdfz7kus8skCJAoiPO4CerPt3WJWqhQl66uIyO4uz5iaNseA58NTQZrBp-Ki2U99nwEU1ig_q2hbF5s/s640/g.cengkih2.jpg
Pegagan
berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).
Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar