Nama Media
Pohon
Ajaib
Identifikasi Menurut Kurikulum 2013
-
Kompetensi Inti: 3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, maklhuk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
-
Kompetensi Dasar: 3.2 Mengenal bagian
tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
-
Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan.
-
Membedakan ciri-ciri setiap bagian
tumbuhan.
-
Mendeskripsikan fungsi setiap bagian
tumbuhan.
Alat:
-
Cutter
-
Gunting
-
Spidol
-
Penggaris
-
Pensil
Bahan:
-
Lem
-
Steroform tebal 2 cm ukuran 1 x 1 m
-
Steroform tipis 1,5 cm ukuran 1 x 1 m
-
Kertas berwarna (hijau, coklat tua,
orange)
-
Benang
-
Kertas bufalo
Cara Membuat Media
-
Gambar setiap bagian-bagian tumbuhanpada
kertas warna
-
Tulis fungsi bagian-bagian tumbuhan pada
kertas bufalo lalu lipat-lipat
-
Tempelkan pada steroform tipis, lalu
potong sesuai pola tumbuhan
-
Beri lubang pada steroform tipis dengan
pola persegi panjang pada setiap bagian tumbuhan
-
Tempelkan steroform tipis ke steroform
tebal dan potong steroform tebal sesuai pola steroform tipis.
-
Massukkan lipatan kertas bufalo yang
berisi tulisan fungsi setiap bagian tumbuhan pada lubang yang telah dibuat
dalam steroform lalu tutup lubang tersebut dengan potongannya.
-
Beri gantungan pada bagian atas media
dengan memberi benang.
-
Media pohon ajaib siap didemonstrasi
Simulasi Menggunakan Media dalam
Pembelajaran
-
Guru mencoba mengetahui pengetahuan awal
siswa mengenai bagian-bagian tumbuhan
-
Siswa menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
-
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok diskusi
-
Siswa mendiskusikan fungsi setiap bagian
tumbuhan dengan kelompoknya masing-masing tanpa diberi informasi terlebih
dahulu oleh guru
-
Setelah diskusi selesai, perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas
-
Guru menunjukkan fungsi setiap bagian
tumbuhan dengan media pohon ajaib. (guru dapat membuka potongan segi empat yang
ada pada setiap bagian tumbuhan)
-
Memberi kesempatan siswa mengajukan
pertanyaan
-
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Penggunaan Media
Media pohon ajaib ini yang terbuat
dari dua lapis steroform. Pada bagian tertentu pohon, terdapat potongan
steroform yang di dalamnya terdapat kartu deskripsi. Namun, potongan tersebut
tetap dalam keadaan tertutup. Potongan tersebut ditutup dengan sisa potongan
steroform. Jadi, kartu deskripsi tidak terlihat dari luar. Guru atau siswa
dapat menggunakan media ini dengan cara membuka penutup tersebut dan mengambil
kartu deskripsi yang ada di dalamnya yang kemudian dapat diperlihatkan kepada
siswa lain. Media ini dapat diletakkan di depan kelas dengan cara digantungkan
agar seluruh siswa melihat dengan jelas. Kartu deskripsi di dalam steroform
dapat kita lipat-lipat untuk menyesuaikan besar potongan steroform. Jika kartu
deskripsi tidak dilipat-lipat menyesuaikan besar potongan steroform, maka
tulisan deskripsi harus menyesuaikan besar potongan steroform. Dan dapat
dimungkinkan tulisan tersebut terlalu kecil dan tidak dapat dibaca oleh seluruh
siswa di dalam kelas.
Media Pohon Ajaib
Tidak ada komentar:
Posting Komentar