Minggu, 15 Desember 2013

Media Inovatif


      Nama Media 
Pohon Ajaib
Identifikasi Menurut Kurikulum 2013
-          Kompetensi Inti: 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, maklhuk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
-          Kompetensi Dasar: 3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
 Indikator
-          Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan.
-          Membedakan ciri-ciri setiap bagian tumbuhan.
-          Mendeskripsikan fungsi setiap bagian tumbuhan.
 Alat dan Bahan Media
           Alat:
-          Cutter
-          Gunting
-          Spidol
-          Penggaris
-          Pensil
Bahan:
-          Lem
-          Steroform tebal 2 cm ukuran 1 x 1 m
-          Steroform tipis 1,5 cm ukuran 1 x 1 m
-          Kertas berwarna (hijau, coklat tua, orange)
-          Benang
-          Kertas bufalo

            Cara Membuat Media
-          Gambar setiap bagian-bagian tumbuhanpada kertas warna
-          Tulis fungsi bagian-bagian tumbuhan pada kertas bufalo lalu lipat-lipat
-          Tempelkan pada steroform tipis, lalu potong sesuai pola tumbuhan
-          Beri lubang pada steroform tipis dengan pola persegi panjang pada setiap bagian tumbuhan
-          Tempelkan steroform tipis ke steroform tebal dan potong steroform tebal sesuai pola steroform tipis.
-          Massukkan lipatan kertas bufalo yang berisi tulisan fungsi setiap bagian tumbuhan pada lubang yang telah dibuat dalam steroform lalu tutup lubang tersebut dengan potongannya.
-          Beri gantungan pada bagian atas media dengan memberi benang.
-          Media pohon ajaib siap didemonstrasi

Simulasi Menggunakan Media dalam Pembelajaran
-          Guru mencoba mengetahui pengetahuan awal siswa mengenai bagian-bagian tumbuhan
-          Siswa menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi
-          Siswa mendiskusikan fungsi setiap bagian tumbuhan dengan kelompoknya masing-masing tanpa diberi informasi terlebih dahulu oleh guru
-          Setelah diskusi selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas
-          Guru menunjukkan fungsi setiap bagian tumbuhan dengan media pohon ajaib. (guru dapat membuka potongan segi empat yang ada pada setiap bagian tumbuhan)
-          Memberi kesempatan siswa mengajukan pertanyaan
-          Bersama-sama membuat kesimpulan.

Penggunaan Media
Media pohon ajaib ini yang terbuat dari dua lapis steroform. Pada bagian tertentu pohon, terdapat potongan steroform yang di dalamnya terdapat kartu deskripsi. Namun, potongan tersebut tetap dalam keadaan tertutup. Potongan tersebut ditutup dengan sisa potongan steroform. Jadi, kartu deskripsi tidak terlihat dari luar. Guru atau siswa dapat menggunakan media ini dengan cara membuka penutup tersebut dan mengambil kartu deskripsi yang ada di dalamnya yang kemudian dapat diperlihatkan kepada siswa lain. Media ini dapat diletakkan di depan kelas dengan cara digantungkan agar seluruh siswa melihat dengan jelas. Kartu deskripsi di dalam steroform dapat kita lipat-lipat untuk menyesuaikan besar potongan steroform. Jika kartu deskripsi tidak dilipat-lipat menyesuaikan besar potongan steroform, maka tulisan deskripsi harus menyesuaikan besar potongan steroform. Dan dapat dimungkinkan tulisan tersebut terlalu kecil dan tidak dapat dibaca oleh seluruh siswa di dalam kelas. 

Media Pohon Ajaib 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar